LDK AL ISLAM POLSRI

Menyongsong Generasi Robbani

Sekarang Zamannya Ekonomi Syariah

Posted by ldkpolsri pada Juli 28, 2008

10 menit menjelang pukul 18.00 WIB tadi seorang MC menutup acara sebuah kajian yang kebtulan bertempat di sekretariat LDK AL ISLAM Politeknik Negeri Sriwijaya. Berkumpul sekitar 40an orang ikhwan dan akhwat yang mayoritas berasal dari Universitas Sriwijaya, selain itu ada juga dari Universitas Muhammadiyah Palembang, IAIN Raden Fatah Palembang, dan Politeknik Negeri Sriwijaya, beserta seorang narasumber dari Bank Muammalat Palembang Bapak Imam Asngari,M.Si.

Gambar Logo ISEF UNSRI

Kajian ini dinamakan KEIMI (Kajian Ekonomi Islam Mingguan). Acara yang digelar oleh ISEF (Islamic Studies Of Economics Forum) cukup memberi sebuah pencerahan bagi para peserta kajian tentang perbankan syariah. ISEF sendiri adalah sebuah lembaga kajian ekonomi islam dalam bentuk semi otonom di bawah koordinasi Badan Otonom Ukhuwah Universitas Sriwijaya (Lembaga Dakwah Fakultas [LDF] Fakultas Ekonomi Unsri).

Berbicara tentang ekonomi syariah di zaman sekarang ini khususnya di negara kita Indonesia masih belum menjadi sebuah kesadaran untuk menjalankannya terutama di kalangan umat islam itu sendiri. Misal dalam bidang perbankan syariah mungkin kita semua sudah sering mendengar bahwa pada saat Indonesia dilanda krisis moneter tahun 1998 salah satu bank yang selamat dari likuidasi di saat krisis moneter itu adalah Bank Muammalat yang waktu itu baru berusia 7 tahun. Ini membuktikan sebuah ketangguhan dari perbankan syariah dalam menghadapi krisis.

Bahkan sekarang ini perbankan syariah sedang tumbuh pesat di negara-negara yang notabenenya bukan mayoritas penduduk muslim seperti di Singapura, London, Amerika Latin, Amerika Serikat, Afrika Selatan, dll. Bahkan baru aja saya baca di sebuah halaman website Singapura adalah pusat pengembangan perbankan syariah di Asia Tenggara.

Kalau kita amati umat muslim kita masih banyak yang belum berhijrah ke perbankan syariah, padahal sudah jelas fatwa Majelis Ulama Indonesia bahwasannya bunga bank adalah riba, dan riba itu adalah haram hukumnya. Semoga nantinya harapan saya bagi yang membaca postingan ini bisa sadar dirilah untuk secara bersama-sama kita melakukan urusan perbankan kita melalui perbankan syariah.

Perbankan syariah di Indonesia alhamdulillah terus berkembang pesat baik itu yang berdiri sendiri seperti Bank Muamalat yang saya gunakan sekarang (red. promosi he..he..) , atau yang dibentuk dari bank konvensional seperti Bank Mandiri Syariah, Bank BNI Syariah, Bank BRI Syariah, dan banyak lagi. Jadi tak ada alasan lagi bagi kita umat islam untuk memilih bank syariah, kalau dulu bolehlah kita menggunakan jasa bank konvensional, tapi ketika sekarang bank-bank syariah sudah bertaburan maka itu harus menjadi sebuah pilihan prioritas bagi kita. Wallahu’alam bi showab

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: